Home » » Istilah-Istilah dan simbol yang digunakan dalam Twitter

Istilah-Istilah dan simbol yang digunakan dalam Twitter

Twitter....
Ya, jejaringan sosial ini memang sudah tak asing lagi di telinga kita. Walaupun mungkin masih ada diantara kita yang belum mempunyai twitter, namun ane yakin pasti sering mendengar apa itu twitter. Ya jejaringan sosial yang satu ini sudah mulai mendunia, di dunia maya. Karena itu sengaja postingan kali ini membahas tentang Istilah-istilah dan simbol yang digunakan dalam Twitter , yang bertujuan agar teman2 bisa sedikit terbantu dalam menggunakan dan memakai jejaringan sosial yang satu ini. 
Ya, khususnya juga buat ane sendiri, karena ane juga masih baru di twitter. Jadi bagi yang merasa udah master di Twitter, silahkan membaca Artikel lain! Karena ane juga yakin anda sudah mendalami twitterologi.
Baiklah, tanpa memperpanjang goresan pena, langsung saja menuju TKP!

Istilah - istilah yang digunakan dalam Twitter :

Tweet : Sebutan untuk status twitter itu sendiri.
Tweep/Tweeple : Pengguna Twitter.
Follower: Orang yang mengikuti kita dan mereka akan menerima setiap update status yang kita lakukan.
Following: artinya orang yang kita ikuti, dan kita akan menerima setiap update status yang dia lakukan.
Reply: Balasan. Untuk melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet. Artinya kita akan membalas atau merespon status orang tersebut.
ReTweet: Men-Tweet ulang status orang lain atau menerbitkan status orang tersebut di status kita. Hal ini dilakukan dengan berbagai alasan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut, atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena statusnya menarik atau memberi inspirasi dan bermanfaat buat folower kita.
Direct Message / DM : Pesan personal, seperti message di Facebook. Sama layaknya dengan message di FB, jadi hanya si pengirim dan si penerima yang mengetahui pesan tersebut.
Trending Topic: Topik/isu yang lagi hot atau sedang hangat dan ramai dibicarakan orang. Kita juga bisa memilih negara lain untuk melihat trending topic mereka.
Favorites: dipakai untuk menyimpan tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).

Simbol-simbol yang sering digunakan dalam Twitter
@ : simbol yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut atau untuk share status kita pada nama pengguna yang kita beri simbol. Sobat bisa berinisiatif menggunakan simbol ini pada sahabat, partner, atau rekan bahkan folower kita, sehingga mereka akan menerima tweet kita. Simbol ini juga secara otomatis akan terpakai jika sobat akan me-reply tweet seseorang. Simbol ini sering juga disebut dengan mention.
Contoh pemakaian:
@20thlight Kaifa haluka??
Nanti kalau @lighters20 pulang, jangan lupa bawa buku Fisika ya!
# (hash tag) : simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Contoh pemakaian:
Ane tadi baru pulang dari #darularafah
waaah... #galau banget ne...
RT : simbol untuk istilah ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berarti sobat menerbitkan ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.
Contoh pemakaian:
RT @lighters20 yang benar belum tentu menang, dan yang menang belum tentu benar!
Atau untuk pemakaian lebih mudah sobat bisa langsung klik tombol ReTweet yang ada di bawah tweet orang tersebut.
OH (Over Heard) : simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan.
Contoh pemakaian:
OH tak ada yang abadi
HT (Heard Through) : simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.
Contoh pemakaian:
HT tak selamanya yang baik akan menjadi baik

Nah mungkin sekian dulu postingan tentang Istilah-istilah dan simbol yang digunakan dalam Twitter ,semoga dapat bermanfaat anda sekalian, dan jika ada yang ingin menambahkan silahkan koment ya, karena ane juga masih baru di twitter.. (^_^)...
Dan jangan lupa follow ane juga ya @lighters20 InsyaAllah jika memfollow ana bisa bermanfaat! (promo).
Jika ini bermanfaat, silahkan di like ya! atau di share juga ke Facebook dan Twitter, karena mungkin banyak dari mereka yang membutuhkan!

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
6 Comments