Tips dan Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Tips dan Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa - Dehidrasi sering kita alami setelah kita melakukan aktifitas yang banyak mengeluarkan keringat. Sudah diketahui bahwa tubuh manusia 70% lebihnya terdiri dari cairan. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai menjaga tubuh kita agar asupan air dalam tubuh tetap terjaga. Terlebih lagi disaat seperti kita menjalankan ibadah puasa, aka lebih rentan terkena dehidrasi.
tips dan cara mencegah dehidrasi pada tubuh
Cara mencegah dehidrasi saat puasa adalah sebagai berikut :
Konsumsi 8 gelas setiap hari : Tubuh membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap harinya. Asupan cairan ini dapat melalui air mineral, makanan berkuah dan buah-buahan yang mengandung cairan. Sebaiknya saat sahur anda bisa minum sampai 4 gelas (bertahap) dan juga pada saat anda buka puasa. Jumlah itu bisa bertambah jika anda beraktifitas menguras keringat.
Konsumsi Buah-buahan : Konsumsilah buah-buahan segar yang banyak mengandung air, seperti semangka, melon, jeruk, serta buah lainnya. Buah-buahan tersebut selain mencukupi asupan air tapi bisa memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina anda selama menjalankan ibadah puasa.
Minum Susu : Untuk mencegah dehidrasi anda bisa mengkonsumsi susu. Ini sangat cocok untuk anak yang baru beajar berpuasa. Karena susu lebih baik untuk menghindari dehidrasi pada anak dibanding minuman suplemen atau air. Tidak hanya itu saja, susu juga memiliki kandungan karbohidrat, protein, elektrolit dan kalsium.
Hindari Minuman Bersoda dan Kafein : Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air dalam tubuh dan juga dapat menghilangkan kelembaban. Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau minimalkan untuk mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung kafein. Jangan lupa untuk menghindari soda, karena dapat membuat perut terasa penuh.

Efek yang muncul akibat dehidrasi adalah :
Pingsan
Nyeri sendi
Sakit kepala
Lemas
Lesu dan tidak berstamina
Infeksi saluran kemih (jika dalam waktu yang lama)
Emosi, mudah marah dan bad mood (pada wanita)

Demikianlah tentang Tips dan Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan kepada teman yang lain.