Home » » Cara Mengobati Rematik Artritis

Cara Mengobati Rematik Artritis

cara mengobati rematik
Anda pernah mengalami rematik? Sudah mencoba berbagai macam obat rematik dan belum berhasil? Mungkin ada baiknya Anda mencoba ramuan herbal untuk menangkal rematik. Namun, sebelum membahas cara mengobati rematik, kita belajar dulu mengenai apa yang dimaksud dengan rematik.

Rematik adalah penyebab rasa sakit pada otot dan jaringan ikat, tapi tidak sampai mempengaruhi persendian. Akan tetapi kalau gejalanya telah mempengaruhi satu atau beberapa persendian, biasanya dijuluki artritis. Nah apabila hal tersebut telah berlangsung lama, barulah dinamakan rematik artritis.

Professor V. Wright dalam arthritis and corner replacement (1987) menyebut rematik artritis sebagai penyakit yang lazim menyerang persendian kaki dan tangan, terutama pada ruas-ruas jari dan persendian kaki jari, tangan, lutut, tumit, dan leher. Dalam jangka waktu lama, peradangan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan persendian yang pada akhirnya bisa membawa kelumpuhan atau cacat.

Rematik artritis lebih sering menyerang persendian penopang badan, seperti pinggul, lutut, dan tulang belakang. Awalnya, penyakit ini nyaris tanpa gejala. Umumnya penderita hanya merasakan tidak enak badan dan nafsu makan berkurang. Asam urat yang berlebih dalam darah juga berpotensi memicu gangguan rematik, ini seringkali dialami mereka yang berusia diatas 40 tahun.

Pada usia 40 tahun lebih, asam urat yang berlebih akan mengkristal pada persendian dan pembuluh kapiler dekat persendian. Akibatnya saat persendian digerakkan terjadi gesekan antar kristal sehingga menimbulkan rasa nyeri. Bila telah kronis, penumpukan akan menyebabkan cairan getah bening yang bertugas sebagai pelumas tidak berfungsi. Akibatnya, persendian sama sekali tidak dapat digerakkan.

Masalahnya, asam urat sendiri diproduksi secara alami oleh tubuh. Selain itu, meningkatnya asam urat juga bisa disebabkan oleh faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi. Khususnya makanan yang berkadar karbohidrat dan protein tinggi seperti kacang-kacangan, emping mlinjo, daging khususnya jeroan, ikan, dan coklat. Juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan gula.
Mengatasi Rematik Artritis Dengan Herbal

Berdasarkan penelitian yang terdapat pada jurnal Agriculture Food Chemical, ditemukan senyawa-senyawa kimia yang dapat mencegah bahkan menyembuhkan rematik artritis. Senyawa tersebut adalah fenol yang bersifat antibakteri, anti radang dan aktif dapat menghilangkan rasa sakit setempat. Dan juga senyawa flavanoid yang bersifat antioksidan, yang dipercaya dapat menghambat pembentukan asam urat.

1. Cakar kucing (Acalypha indica)

Cakar kucing termasuk tumbuhan obat dari family jarak-jarakan. Nama lainnya adalah lelatang atau rumput kekosongan. Sebagai herba semusim, cakar kucing tumbuh tegak dengan tinggi30-50 cm, bercabang dengan garis memanjang.
Tumbuhan ini memiliki ciri daunnya berselang bentuk bulat lonjong sampai lancip, tepinya bergerigi, dengan panjang 2,5 cm - 8 cm, lebar 1,5 cm - 3,5 cm. Daun tumbuhan ini, di Indonesia biasanya digunakan untuk obat luka, bisul, dan bengkak.

Cara pemakaian cakar kucing bisa ditumbuk halus dan dicampur minyak kelapa, kapur, dan garam sebagai obat urut untuk rematik artritis.

2. Kumis Kucing (Orthosipon Aristatus)

Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang banyak digunakan sebagai obat batu ginjal, radang saluran yang berhubungan dengan ginjal, radang selaput lendir kantung kemih, dan rematik akibat asam urat.
Dalam Journal Etnopaharmacology (1992) menyebutkan bahwa daun kumis kucing mengandung vegetable 12% dengan kadar kalium mencapai 600-700 mg/100g daun segar, lalu terdapat 0,2% kelompok flavanoid lipophilic, termasuk sinensetin, flanonol glycoside, inositol, fitosterol dan saponin.

Hasil uji coba teh kumis kucing juga menunjukkan adanya bahan antimikroba, yang mencegah penimbunan cairan dan gas berat dalam rongga perut. Teh kumis kucing juga bisa menambah pengeluaran getah empedu oleh hati dan memperlancar aliran empedu.

3. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Tumbuhan ini sudah tidak asing lagi di masyarakat kita karena telah banyak digunakan diantaranya untuk mengobati penyakit hepatitis, batu empedu, dan gangguan penyakit perut.
Claeson dalam Planta Medica menyebut temulawak ini mengandung minyak terbang sekitar 3,8% dengan senyawa arcurcumene, xanthorrizol, dan germacrene. Senyawa fenolic sesquiterpene xanthorrizol ditemukan pada temulawak jenis khusus.

Rimpang temulawak mengandung senyawa curcuminoids yang bisa berfungsi sebagai antioksidan, antiradang, melarutkan protein, menurunkan tingkat triglyceride darah pada diabetes, serta senyawa curcumin yang meyebabkan padatnya kadar kelenjar empedu.
4. Jahe (Zingiber Officinale)

Tumbuhan ini juga mengandung senyawa kelompok fenol sehingga memiliki khasiat sebagai obat. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Leung dan Foster, Encyclopedia of common healthy ingridient use in foods, drugs, and cosmetics menyebutkan bahwa rimpang jahe dapat mencegah infeksi pada luka, antiradang rematik artritis, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan antitumor.

5. Sereh (Cymbopogon citratus)

Bonggol sereh ini banyak digunakan sebagai bumbu penyedap masakan dan minuman. Anda yang bertempat tinggal di tanah Pasundan, pasti mengenal minuman yang disebut bandrek yang terbuat dari bonggol sereh.

Dalam pengobatan tradisional, bonggol sereh sering digunakan sebagai obat yang berhubungan dengan usus. Sedangkan untuk pengobatan rematik biasanya dari minyak yang dihasilkan dari tumbuhan tersebut.

Cara menggunakan bahan diatas tersebut untuk Obat rematik adalah sebagai berikut :

1. Ambil seluruh bagian tanaman cakar kucing sebanyak sekitar 40 gram segar atau 10 gram kering,
2. Ambil daun kumis kucing sekitar 90 gram segar atau 30 gram kering
3. Siapkan rimpang jahe sebesar satu jempol, lalu tumbuk atau diparut
4. Siapkan rimpang temulawak sebesar satu jempol, lalu tumbuk atau diparut
5. Siapkan 2 batang bonggol sereh
6. Rebus semua herbal diatas dalam sebuah kendi yang berisi 1 liter air.
7. Rebus hingga mendidih
8. Hasil rebusannya diminum 2 hari sekali.

Demikianlah cara mengobati rematik artritis. Semoga bermanfaat..

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments