Home » » Resep Cara Membuat Kolak dan Es Buah

Resep Cara Membuat Kolak dan Es Buah

Resep Cara Membuat Kolak dan Es Buah - Tau nggak sih, bukan cuma pisang doang lho yang bisa dibuat kolak. Buah-buahan lain ternyata juga bisa dibuat kolak. Buah apa aja tuh? Buanyak... Waktu masih kecil, di halaman rumah bapak saya di Pasar Minggu ditanam pohon jambu air, jambu klutuk dan juga blimbing. Kalau lagi musim berbuah, banyak sekali buahnya sampai tidak termakan. Padahal sudah dibagikan ke tetangga pun masih saja tiap hari berbuah lebat.

Akhirnya ibu saya coba bikin kolak jambu aer dan jambu klutuk, enak. Kadang jambu aer dicampur jambu klutuk, kadang dipisah. Caranya ya biasa saja pakai kayu manis, daun pandan dan gula pasir. Namanya juga di Pasar Minggu, dikenal sebagai sentra buah, bahkan sampai ada lagunya. "pepaya.. mangga.. pisang.. jambu.. dibawa, dari pasar minggu.." dan seterusnya. Kalau kebetulan ada nanas, ya nanas dipotong kecil-kecil terus dimasak sekalian dibuat menjadi kolak. Selain jambu aer, jambu klutuk dan nanas, buah salak juga bisa dibuat kolak bening. Kalau belimbing kurang enak dibuat kolak karena aromanya kurang kuat. Jambu klutuk wanginya khas jika dibuat kolak, sedangkan kelebihan jambu aer adalah adanya sedikit rasa masam yang membuat kolak terasa lebih segar.
resep cara membuat kolak dan es buah

Kolak itu ada 2 jenis yaitu kolak bening dan kolak santan. Kolak santan menggunakan gula merah dan gula pasir, kalau kolak bening hanya menggunakan gula pasir saja. Kolak bening setelah dingin bisa ditambahkan es serut dan ditambahkan sirop, jadi es buah dech. Sedangkan kolak santan kalo pengen sedikit unik, setelah kolak santan dalam keadaan dingin makan kita bisa menambahkan irisan naya de coco. Kenyal-kenyal gitu rasanya bikin gemes deh..

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments