Home » » Cara Budidaya Vanili Dalam Pot

Cara Budidaya Vanili Dalam Pot

Cara Budidaya Vanili Dalam Pot - Vanili merupakan jenis tanaman yang mengasilkan bubuk vanili yang berguna untuk pengharum ruangan. Tanaman yang dikenalkan oleh orang-orang Meksiko ini masih jarang di budidayakan di negara kita. Sebagaian besar masyarakat kita masih terbius untuk melakukan budidaya jamur daripada vanili. Namun sebenarnya perlu anda ketahui, bahwa budidaya vanili dikenal sebagai budidaya emas hijau. Kenapa demikian? Karna harga vanili terus naik sementara pembudidaya tidak meningkat dan menjadi penyedap rasa termahal kedua di dunia.
cara budidaya vanili dalam pot

Tumbuhan jenis ini dapat hidup di iklim tropis dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah asal kondisinya bagus, gembur, ringan dan berhumus. Hal itu merupakan modal awal bagi kita untuk memanfaatkan vanili sebagai ladang emas. Untuk melakukan budidaya ini maka kita harus menyiapkan pohon yang dapat dijadikan tiang panjatan vanili. Akan tetapi jika kita tidak memiliki lahan yang cukup maka kita dapat memanfaatkan pot sebagai tempat bertanam, memanfaatkan pipa paralon sebagai tiang panjatan tumbuhan vanili.

Dibawah ini akan kami uraikan langkah-langkah pembudidayaan vanili dengan menggunakan pot sebagai media.
1. Siapkan media tanam dalam pot yang terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang dan serabut kelapa.
2.   Siapkan pipa paralon yang di lapisi ijuk sebagai penyangga.
3.  Pindahkan bibit vanili kedalam pot dengan hati-hati agar tidak merusak pengakaran. Setelah itu atas pit lapisi lai dengan serabut kelapa.
4. Penyiraman dilakukan seminggu sekali. Letakkan pot di lingkungan yang intensitas cahaya matahari tidak lebih dari 50%.
5.  Pemanenan buah vanili bisa dilakukan setelah buahnya menunjukkan warna kekuning-kuningan. Karena panen vanili tidak bersamaan maka panen perlu dilakukan satu persatu dan dapat berlangsung selama dua sampai tiga bulan.


Itulah langkah-langkah teknik budidaya vanili dalam pot. Dengan memanfaatkan budidaya vanili dalam pot kita tidak memerlukan lahan yang luas. Selain itu budidaya vanili dalam pot juga memiliki kelebihan seperti mudah pengontrolan, meminimalkan pembusukan akar dan daun mengungin. Jika anda sudah tahu vanili memiliki harga cukup mahal dan anda juga sudah memahami langkah-langkah penanaman vanili. Maka tidak ada salahnya anda melakukan budidaya vanili dengan mengikuti langkah-langkah yang kami jelaskan tadi.

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments