Home » » Vitamin Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Vitamin Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Tubuh kita perlu vitamin, tetapi hanya dalam jumlah yang amat sedikit, yaitu antara beberapa mikro sampai miligram saja. Selain dari makanan atau suplemen, tubuh dapat membuat beberapa vitamin sendiri asal ada zat pendahulunya (provitamin).
Bagi kulit, vitamin penting untuk mempertahankan keadaan normalnya, yaitu agar tidak terlalu berminyak atau tidak terlalu karing. Inilah kunci kesehatan kulit. Vitamin yang langsung berperan menjaga keseimbangan kulit itu adalah vitamin A, C, dan E.

Vitamin A membantu kulit menumbuhkan lapisan kulit ari, agar tidak terjadi penumpukan sel-sel tanduk (keratinisasi). Tumpukan sel-sel tanduk ini suka jadi biang keladi yang merusak pemandangan di wajah karena membentuk komedo alias jerawat batu. Dokter dapat meresepkan Vitamin A dosis tertentu untuk mengaktifkan pertumbuhan kulit ari ini.
Namun, jangan coba-coba mengobati jerawat batu dengan Vitamin A tanpa bantuan dokter. Bisa-bisa kulit Anda malah rusak. Kelebihan Vitamin A akan ditimbun di hati dan mengakibatkan rasa mual, sakit kepala, dan bahkan kekeringan kulit.

Vitamin C berfungsi mencegah terjadinya luka pada selaput lendir mulut (skorbut). Dalam dosis yang tinggi, Vitamin C dapat mencegah pembentukan pigmen melanin, zat warna yang suka meninggalkan jejak atau bercak-bercak hitam di permukaan kulit. Kerja Vitamin C dalam hal ini adalah menghalangi reaksi oksidasi tiroksin (prekusrsor atau bentuk pendahulu melanin) menjadi melanin.
Fungsi penting Vitamin C bagi kulit adalah juga dalam pembentukan kolagen, lapisan penunjang yang menyangga kulit. Kalo kolagen rusak atau berkurang, maka kulit seolah tak tersangga kendur dan mengeriput.
Karena dapat larut dalam air, vitamin C yang berlebihan dapat dibuang ke dalam air seni. Namun, ada alasan lain untuk tidak menggunakannya secara berlebihan dapat merangsang lambung dan menimbulkan rasa perih dan membebani kerja ginjal.

Vitamin E berperan dalam penggantian sel-sel kulit ari sehingga vitamin E dianggap sebagai peremaja kulit. Banyak juga yang mengaitkan Vitamin E dengan kemudaan kulit.
Apa kaitan Vitamin dengan penuaan dini kulit? Salah satu teori tentang proses penuaan adalah teori radikal bebas, yaitu molekul dengan atom berelektron bebas sehingga bersifat labil clan sangat reaktif. Molekul yang radikal ini akan merusak enzim yang berfungsi mempertahankan sel. Peran vitamin, antara lain Beta Karoten, Vitamin C, dan E adalah 'menangkap' molekul-molekul liar tersebut sehingga proses penuaan mungkin dapt dihambat.

Anti oksidan (Vitamin A, C, dan E, serta mineral selenium, seng dan mangan) ditambah beberapa vitamin B dan zat besi sudah dibuktikan dapat menghambat proses silang pada kulit, khususnya kolagen. Reaksi silang dapat membuat si penyangga kulit ini menjadi kaku dan kehilangan elastisitasnya. Padahal, kolegenlah yang membuat kulit Anda tampak kencang. (Madea)

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
3 Comments