Home » » Berkah Bakti Kepada Orang Tua

Berkah Bakti Kepada Orang Tua

Suatu hari Nabi Musa bertanya kepada Allah. "Ya Allah, siapakah orang di surga nanti yang akan bertetangga dengan aku?". Allah SWT pun menjawab dengan mengatakan nama orang itu, kampung, serta tempat tinggalnya. Segera setelah mendapat jawab, Nabi Musa turun dari bukit Turisna san terus berjalan menuju tempat tersebut. Setelah beberapa hari, akhirnya Nabi Musa sampai ke sana.
Dengan pertolongan beberapa orang penduduk, beliau berhasil bertemu dengan orang yang dimaksud. Setelah memberi salam beliau dipersilahkan masuk dan duduk di ruang tamu. Anehnya, Tuan rumah itu tidak serta merta melayani Nabi Musa. Dia malah masuk ke dalam kamar dan melakukan sesuatu. Sebentar kemudian dia keluar sambnil membawa seekor babi betina yang besar. Babi itu didukungnya dengan hati-hati dan penuh kasih sayang. Nabi Musa terkejut melihatnya. "Apa maksudnya ini?", kata Nabi Musa berbisik dalam hatinya penuh keheranan.
Babi itu dimandikan dan dibersihkan dengan baik. Setelah itu babi tersebut dilap sampai kering serta dipeluk dan dicium kemudian diantar kembali ke dalam kamar. Tidak lama kemudian dia keluar sekali lagi dengan membawa pula seekor babi jantan yang lebih besar. Babi itu juga diperlakukan sebagaimana perlakuan pada babi pertama, yaitu dengan sepenuh cinta dan kasih sayang. Setelah selesai dengan pekerjaannya barulah dia melayani Nabi Musa.
"Wahai saudara! Apa agamamu?" Hardik Nabi Musa merasa dilecehkan.
"Agamaku Tauhid", jawab pemuda itu.
"Kalau begitu, mengapa kamu membela babi?! Kita tidakbolehberbuat begitu!! Kata Nabi Musa makin marah.
"Wahai Nabiyallah", kata pemuda itu. "Sebenarnya kedua babi itu adalah orang tua kandungku. Tersebab melakukan dosa yang besar, Allah SWT telah menukarkan rupa mereka menjadi babi yang jelek rupanya. Perkara dosa mereka, itu urusannya dengan Allah SWT. Aku sebagai anaknya tetap melaksanakan kewajibanku sebagai anak. Sehari-hari aku berbakti kepada kedua orang tuaku sebagaimana yang anda lihat tadi. Walaupun rupa mereka sudah menjadi babi, aku tetap melaksanakan tugasku. Setiap hari aku berdoa kepada Allah SWT agar mereka diampunkan. Aku memohon supaya Allah SWT menukarkan wajah mereka kembali menjadi manusia, tetapi Allah SWT masih belum mengabulkannya."
Saat itu juga Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Musa AS, " Wahai Musa, inilah orang yang akan bertetangga denganmu di Surga nanti, hasil baktinya yang sangat tinggi kepada kedua orang tuanya. Orang tuanya yang sudah buruk dengan rupa babi pun dia berbakti juga. Oleh karena itu Kami naikkan derajatnya sebagai anak saleh disisi Kami." Allah SWT juga berfirman "Oleh karena dia telah berada di derajat anak yang saleh di sisi Kami, maka Kami angkat doanya. Tempat kedua orang tuanya yang Kami sediakan di dalam neraka telah Kami pindahkan ke dalam surga."
Itulah berkat anak yang saleh. Doa anak yang saleh dapat menebus dosa orang tua, bahkan yang hampir masuk ke dalam neraka. Disebut anak yang saleh karena dia berdarma bakti kepada orang tuanya. Bagaimanapun buruknya perangai kedua orang tua, itu bukan urusan kita. Urusan kita ialah menjaga mereka dengan penuh kasih sayang sebagaimana mereka menjaga kita sewaktu kecil hingga dewasa. Inilah makna ayat : wabil walidayni ihsana.
Walau sebanyak apapun dosa yang mereka lakukan, itu juga bukan urusan kita, urusan kita ialah meminta ampun kepada Allah SWT supaya kedua orang tua kita diampuni Allah SWT. Doa anak yang saleh akan membantu kedua orang tuanya mendapat tempat yang baik di akhirat, temnpat terbaik di sisi Allah SWT yang dinanti-nantikan oleh para orang tua di alam kubur. Inilah yang dimaksud dalam hadist : wa waladin shalihin yad'u lahu.
Dalam hadits qudsi disebutkan bahwa murka Allah tergantungpada kemarahan orang tua kepada kita, sebaliknya ridla Allah bersesuaian  dengan ridla orang tua kita. Oleh karena itu di sisa-sisa umur kita yang terus berkurang ini, marilah kita terus meningkatkan ketakwaan kita dengan meningkatkan bakti kita kepada orang tua kita. Dengan begitu semoga Allah memasukkan kita sebagai salah satu hambanya yang utama di sisiNya. Amiin..

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments