Home » » Penyebab Komputer Sering Hang

Penyebab Komputer Sering Hang

http://ketikwww.blogspot.com/2013/06/penyebab-komputer-sering-hang.html
Penyebab komputer sering hang bisa terjadi karena masalah hardware dan juga software. Untuk mengetahui secara pasti, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu pada komputer anda.

Beberapa hal yang mungkin bisa mengakibatkan komputer sering hang antara lain :
1. Kondisi Harddisk
Harddisk yang sudah beumur sering menyebabkan komputer hang. Harddisk mengalami kerusakan bertahap dengan gejala mulai dari tidak terdeteksi ketika awal booting, sehingga perlu mencabut kabel IDE(jika itu IDE) dan memasangnya lagi. Harddisk dengan kondisi seperti itu biasanya dalam proses booting dan loading memakan waktu lebih lama dari biasanya. Bisa juga karena bad sector, kondisi harddisk yang bad sector bisa menyebabkan komputer hang.

2. Overheating Processor
Buka casing dan perhatikan kipas prosessor, apakah masih berjalan dengan normal atau tidak. Kalau berjalan lambat menyebabkan proses pendinginan tidak maksimal dan menyebabkan overheating, pada akhirnya komputer menjadi lambat dan bahkan hang. Terlebih lagi jika kipas tidak berjalan.

Solusi untuk masalah seperti ini adalah ganti kipas prosessor anda. Atau berikan logam pendingin pada prosessor agar prosessor tidak cepat panas.

3. Konflik Pada Hardware
Setiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui IRQ(interrupt request channel) dan harus unique(berbeda satu dengan yang lainnya) untuk setiap perangkat. Misalnya, Printer biasanya menggunakan IRQ 7, Keyboard menggunakan IRQ 1. Setiap perangkat menggunakan IRQ nya masing-masing secara otomatis. Apabila komputer memiliki banyak perangkat atau perangkat tidak terinstal dengan baik, maka yang terjadi adalah pembagian IRQ untuk lebih dari satu perangkat. Pada saat mengakses kedua perangkat yang menggunakan IRQ yang sama tersebut maka ada kemungkinan windows crash.

Solusinya, lakukan fixed pada sistem dengan menggunakan software-software yang tersedia. Setting kembali pengalamatan hardware komputer anda agar tidak terjadi konflik yang menyebabkan windows crash.

4. Kondisi Memory (RAM)
RAM (Random Access Memory) yang buruk atau kotor bisa menyebabkan komputer berhenti bekerja mendadak bahkan blue screen atau restart. Memasang lebih dari satu memory kadang menjadi pemicu masalah dikemudian hari, apalagi jika dua memory yang terpasang tidak benar-benar identik. Berbedaan chip antar dua memory dengan bus yang berbeda kadang bisa menyebabkan fatal error.

Solusinya, Sebaiknya anda memasang memory(RAM) yang bagus pada komputer dengan kondisi yang benar-benar baik. Agar memory(RAM) bisa bekerja maksimal, gunakanlah memory dalam satu bus dengan kapasitas yang maksimal.

5. Setting Bios
Setiap motherboard memiliki settingan chipset sesuai dengan pabrik buatan masing-masing. Setiap memasuki BIOS anda harus ingat untuk berhati-hati dalam menyetting konfigurasi karena apabila konfigurasi salah, maka akan menyebabkan ketidakstabilan pada komputer dan crash.

Solusinya adalah lakukan setting yang benar-benar teliti pada BIOS dan jika terjadi kesalahan kembalikan ke kondisi default.

6. Fatal Of Exceptions and VXD errors
Ini biasanya disebabkan oleh masalah VGA, VGA merupakan salah satu hardware yang sering sekali menyebabkan masalah pada komputer. 

Lakukan instalasi drive yang benar pada VGA. Apabila komputer anda mengalami screen freeze/hang maka kemungkinan ada hardware conflict pada VGA.

7. Virus
Virus yang menyerang sistem bisa menghapus beberapa file penting dari sistem, tentu menyebabkan sistem tidak bekerja semestinya. 

Instal antivirus yang bagus dan jangan lupa untuk mengupdatenya untuk menangkal setiap serangan virus yang masuk ke komputer anda.

8. Konflik Pada Software
Crash pada bagian ini disebabkan oleh buruknya proses instal dan uninstal dari sebuah software. 

Apabila terjadi seperti ini, anda membutuhkan software pembersih registry. Banyak jenis software seperti ini bertebaran dan tentunya gratis. Dengan software ini maka registry apabila masih ada tersisa proses uninstal tidak sempurna bisa dihapus.

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments