Home » » Mens dan Masa Subur

Mens dan Masa Subur

Siklus menstruasi atau haid tidak sama pada setiap wanita. Meskipun rata-rata sekitar 28 hari, namun ada juga yang 24 hari, 30 hari, bahkan 35 hari. Siklus yang tidak teratur itu biasa terjadi pada wanita yang baru saja mengalami menstruasi. Tubuh butuh waktu untuk melakukan penyesuaian pada kebiasaan baru. Siklus menstruasi wanita dihitung mulai dari hari pertama menstruasi, sampai hari pertama menstruasi di bulann berikutnya. Jadi, kalau seorang wanita mengalami menstruasi pada tanggal 2 Mei, lalu yang berikutnya jatuh pada tanggal 31 Mei, maka siklus menstruasi berlangsung selama 31 dikurangi 2, yaitu 29 hari. Jadi, biasakan untuk menandai kalender pada tiap hari pertama menstruasi, per bulannya. Lama berlangsungnya menstruasi berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang hanya 2 atau 3 hari, atau ada yang 8 hari. Selama masih dibawah 15 hari, masih normal. Banyaknya cairan yang terbuang juga berbeda dari satu orang dengan yang lainnya.
Menstruasi tidak teratur dialami sekitar 30% perempuan di tahun-tahun reproduksi mereka. Banyak wanita kjuga mengalami menstruasi yang tidak teratur dalam bentuk terlambat haid, periode berkelanjutan, atau periode yang terjadi dua kali dalam siklus. Siklus haid yang tidak teratur dapat menyulitkan ketika berusaha untuk hamil.
Penyebab menstruasi tidak teratur atau terlambat : 
- Stres, stres adalah penyebab umum dari periode yang tidak teratur. Jika anda lelah, khawatir, atau cemas ini dapat menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.
- Kehamilan, joka hamil, tubuh akan segera mulai memproduksi berbagai tingkat hormon. Hal ini akan menyebabkan berbagai gejala kehamilan, termasuk mengakhiri periode anda.
- Diet, diet yang buruk atau penurunan berat badan yang ekstrim juga dapat mempengaruhi hormon anda. Perempuan dengan anoreksia (tidak ada nafsu makan) memiliki periode yang tidak teratur.
- Pola makan yang buruk menyebabkan kurangnya gizi yang cukup untuk tubuh berovulasi dengan bak.
- Olahraga berlebihan
- Menopause, menopause  menyebabkan perubahan kadar hormon anda, dan sering ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur.
KB, konsumsi pil/suntik KB menyebabkan menstruasi tidak teratur.
- Sindrom ovarium polikistik, atau PCOS, merupakan komplikasi yang umum, mempengaruhi sekitar 10% dari semua wanita. PCOS menyebabkan kista di indung telur. Gejala sindrom ini meliputi : pertumbuhan rambut yang berlebihan, berat badan, jerawat, ketombe, tekanan darah tinggi, dan infertilitas.
- Penyakit radang usus, menyebabkan peradangan pada usus yang lebih rendah (juga dikenal sebagai usus besar). Hal ini ditandai dengan gejala sakit perut, menstruasi yang tidak teratur penurunan berat badan dan diare. Penyakit radang usus dapat menjadi parah, dan kadangkadang membutuhkan perawatan dirumah sakit atau pembedahan.

Tips Agar Kembali Normal
- Kurangi tingkat stres anda. Luangkan waktu untuk bersantai, atau sekedar bersenang-senang. Hal ini dapat membantu menempatkan siklus anda kembali kealur teratur.
- Atasi pola makan anda yang buruk
- Jangan olahraga terlalu berat. Meskipun penting  untuk berolahraga  secara teratur dan tetap sehat, berolah raga terlalu banyak menimbulkan masalah.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi :
Cara menghitung masa subur wanita dengan siklus teratur 28 hari :
Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1, sehingga masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus haid.
Cara menghitung masa subur wanita dengan siklus tidak teratur 28 hari : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
Selanjutnya jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Dan jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terkahir mas subur.

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments