Home » » Keutamaan Hari Jumat

Keutamaan Hari Jumat

Keutamaan hari Jumat - Hari jumat merupakan hari yang istemewa bagi orang islam. Itu dijelaskan dengan banyak hadist yang menyebutkan kelebihan hari jum'at dibanding hari yang lainnya. Hari jum'at memang istemewa, akan tetapi tidak selayaknya berlebihan dalam mengkhususkan dengan ibadah-ibadah tertentu, misalnya dengan berpuasa khusus hari jum'at, bacaan dzikir tertentu, doa dan membaca surat-surat pada hari jum'at kecuali yang disyari'atkan.
amalan hari jumat
Berikut ini beberapa hadist yang menyebutkan keutamaan hari jum;at :

  • "Sebaik-baik hari yang terbit matahari ialah Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan dan pada hari itu juga dia dikeluarkan dari syurga. Pada Jum'at juga kiamat akan berlaku. Pada hari itu tidaklah seorang yang beriman meminta sesuatu daripada Allah melainkan akan dikabulkan permintaanya." (HR. Muslim)
  • "Sesungguhnya hari Jum'at adalah penghulu hari dan hari yang paling besar di sisi Allah Subhanhu wa ta 'ala yaitu hari yang lebih besar daripada hari raya Adha dan hari raya Fitrah, pada hari Jum'at itu terdapat lima kejadian yaitu hari yang dijadikan Adam 'alaihissalam dan Baginda di turunkan daripada syurga ke muka bumi, dan pada hari itu juga wafatnya Adam 'alaihissalam, dan Allah mengurniakan satu saat di mana doa-doa dikabulkan kecuali doa-doa maksiat, dan hari Jum'at juga akan terjadinya hari Kiamat." (HR. Ibnu Majah)
  • "Sesungguhnya harimu yang paling utama adalah hari Jum'at. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari itu, karena shalawatmu ditunjukkan kepadaku. Para sahabat bertanya : Wahai Rasulullah, bagaimana shalawat kami ditunjukkan kepadamu sedangkan tubuhmu telah hancur? Rasulullah sallallahu 'alahi wasalam menjawab : Sesungguhnya Allah mengharamkan tubuh para Nabi bagi bumi (tidak hancur)." (HR. Abu Daud, Nasa'i dan Ibnu Majah)
  • "Barang siapa yang berwudhu dan kemudian dia pergi ke masjid untuk menunaikan shalat Jum'at, lalu mendengar dan tidak bercakap (ketika khutbah dibacakan), maka diampuni dosa-dosanya yang ada di antara hari Jum'at itu dan hari Jum'at berikutnya." (HR. Muslim)
  • "Pada hari Jum'at terdapat satu waktu, tidaklah seorang hamba Muslim memohon sesuatu kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkannya. Carilah ia diakhir waktu selepas asar." (HR. Abu Daud)
  • "Tidaklah seorang Muslim itu meninggal dunia pada hari Jum'at atau pada malam Jum'at melainkan Allah menyelematkannya dari fitnah kubur (soalan di dalam kubur)." (HR. At-Tirmizi)
  • "Shalat lima waktu, Jum'at ke Jum'at dan Ramadhan ke Ramadhan, semuanya adalah penghapus dosa-dosa di antara kedua-duanya selagi mana jauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim). 
Demikian beberapa keutamaan hari jum'at, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin..

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments