Home » » Cara Mudah Budidaya Cacing Tanah Tanpa Modal

Cara Mudah Budidaya Cacing Tanah Tanpa Modal

Cara Mudah Budidaya Cacing Tanah Tanpa Modal - Mungkin budidaya cacing belumlah sepopuler budidaya jamur, jahe merah atau pun budidaya semut kroto. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa budidaya cacing ini adalah jenis budidaya yang paling mudah dan tanpa modal. Kenapa demikian? Karna kita hanya memerlukan waktu 5 – 10 menit perhari untuk memberikan makan bahkan jika anda benar-benar sibuk, pemberian makan bisa dilakukan seminggu sekali.

cara budidaya cacing tanah

Anda tertarik untuk mencoba? Jika anda tertarik maka kami akan mengupas secara detail langkah-langkah yang harus anda lakukan.
1.    Menyiapkan rumah cacing.
Untuk rumah cacing bisa memanfaatkan kolam bekas ikan, menggunakan bak plastik, karung bekas atau pun menggunakan system lasa.
2.   Menyiapkan media
-     1 ember cacahan pisang ( batang pisang dipotong kecil kecil -+ 10 Cm )
-     1 ember pupuk kandang ( bisa dari sapi, ayam, kuda, dll )
-     2 ember tanah humus ( diusahakan yang sudah berwarna gelap/ hitam dan gembur)
-     1/2 ember daun kering 
Aduk semua bahan tersebut diatas menjadi satu lalu masukkan kedalam rumah cacing yang sudah disiapkan. Isilah dengan indukan cacing dengan sistem tebar diatasnya secara perlahan supaya cacing tidak stres.
3.   Macam-macam makanan yang diberikan untuk Cacing, diantaranya : nasi yang sudah basi, kulit buah, sayuran yang tidak termakan, kupasan kulit kentang, wortel, bawang, batang kangkung, kotoran Sapi, Kambing, Ayam dengan catatan diberi air terlebih dahulu agar tidak panas, atau bias diberikan prebiotik agar tidak bau. Cara pemberian pakan  bisa diberikan secara langsung diatas medianya.
4.   Perawatan
Perawatanya adalah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, antisipasi semut (dengan kapur semut, cairan odol, baygon), antisipasi tikus/kadal (jedingan ditutup dengan kasa/jarring), antisipasi Kutu tanah (fermentasi media)
5.   Masa Panen
Umumnya panen dilakukan setelah 4 bulan penanaman bibit.

Seperti yang sudah kami uraikan diatas. Selain mudah, budidaya cacing tanah juga tidak membutuhkan modal sama sekali. Anda bisa mencari bibitnya di sekitar rumah, memberinya makanan sisa, media pun bisa didapatkan dengan gratis. Jadi tunggu apa lagi. Anda bisa mempraktekkan dengan segera.

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments