Home » » Panduan Usaha Budidaya Ternak Jangkrik

Panduan Usaha Budidaya Ternak Jangkrik


Salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini adalah budidaya jangkrik. Kenapa saya katakana demikian. Karena saat ini para petani sudah tidak lagi tertarik untuk membudidayakan jangkrik sementara permintaan di pasar masih sangat besar. Usaha jangkrik ini juga sangat minim resiko. Keberhasilan bisa mencapai 90%.
panduan usaha budidaya ternak jangkrik

Jika anda tertarik melakukan budidaya jangkrik maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan lokasi untuk budidaya. Syaratnya lokasi harus teduh, tidak ada predator, lokasi jauh dari kebisingan (pasar, jalan raya, pabrik, dll). Apabila lokasi sudah tersedia maka kita tinggal melakukan tahapan-tahapan berikut ini:
1.   Pembuatan kandang jangkrik
Kandang bisa kita buat dari kayu tripleks atau kardus bekas. Kita buat persegi panjang dengan tinggi 30 – 50cm dan lebar 120 – 200. Atap kandang dilapisi koran atau daun kelapa/daun pisang/daun jati/daun tebu/serabut kelapa.
2.   Pembibitan jangkrik
Telur jangkrik dimasukkan ke dalam kain lembab. Telur tersebut akan menetas 2-3 hari kemudian dan akan menetas rata sekitar  4 – 5 hari. Setiap 400 gram telur akan menghasilkan 80 kg jangkrik umur 35 hari (1 kg jangkrik kurang lebih 1.000 ekor).
3.    Pemeliharaan Jangkrik
Usahakan kandang harus selalu sesuai dengan habitat aslinya yaitu lembab dan gelap. Kaki penyangga kandang dialasi mangkuk berisi air dan minyak tanah untuk menghindari semut. Namun air tersebut harus diganti setiap dua hari sekali.
4.   Pemberian makan jangkrik
Untuk pemeberian makan jangan sampai telat karna dapat menyebabkan saling makan. Jangkrik yang berusia 1 – 10 hari diberi makan pur ayam. Setelah melewati usia sepuluh hari diberi makan sayur-sayuran seperti jagung muda, gambas, wortel, sawi dll.
5.   Pemanenan jangkrik
Ketika Jangkrik berusia 35 hari atau sudah bersayap maka jangkrik siap dipanen. Selain bisa memanen jangkrik, kita juga bisa menjual telurnya ke peternak jangkrik.

Kami rasa 5 (lima) langkah dalam panduan usaha budidaya ternak jangkrik sudah kami paparkan dengan cukup jelas. Jika anda berminat melakukan pemudidayaan jangkrik maka untuk pemasaran anda bisa menjualnya ke peternak burung atau ke pasar burung. Bisa juga di diantar ke Bagian Pemasaran Astrik Indonesia. Apabila anda tinggal di daerah Bogor, bisa di jual  ke Padepokan Jangkrik Gedung AP4, Kampus IPB Darmaga. Untuk referensi anda juga bisa mencoba Cara Mudah Budidaya Cacing Tanah Tanpa Modal.

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments