Home » » Penyebab Uban

Penyebab Uban

penyebab timbulnya ubanPenyebab uban. Uban atau rambut yang memutih biasanya dialami oleh orang yang sudah tua. Tapi uban tidak selalu muncul pada usia tua saja, terkadang juga ada yang umurnya masih muda atau remaja juga mengalami ubanan.

Berikut ini beberapa faktor penyebab tibulnya uban
- Asupan vitamin yang kurang
Tanpa disadari, nutrisi yang kita konsumsi setiap hari tidak seimbang. Termasuk dalam mengonsumsi sayur dan buah yang tidak seimbang bisa menyebabkan uban muncul lebih cepat.

- Kurang Gizi
Orang yang kekurangan gizi mengakibatkan tubuh kekurangan zat darah merah atau anemia. Anemia mengakibatkan tubuh tidak bisa menyerap vitamin B secara maksimal. Karena kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan gangguan pada pigmen di rambut.

- Kelainan kelenjar tiroid
Menurut sebuah penelitian, kelainan pada kelenjar tiroid mengakibatkan hormon di dalam tubuh tak seimbang. Hal itu kemudian menimbulkan gejala hipotiroid. Salah satu gejalanya adalah muncul uban sebelum waktunya.
 

- Rambut yang kekurangan sebum
Fungsi cairan sebum yang melembapkan rambut secara alami, apabila ini kurang akan mengakibatkan  rambut mnjadi kering dan berubah warna menjadi putih. 

- Gaya hidup tidak sehat
Yang dimaksud gaya hidup yang tidak sehat adalah seperti mengonsumsi alkohol dan merokok. Dalam sebuah penelitian, perokok tumbuh uban empat kali lebih cepat dibandingkan yang tidak merokok. 

- Faktor keturunan
Beberapa orang mempunyai kelainan bawaan yang mengakibatkan sel-sel yang memproduksi zat melanin berhanti. Akibatnya uban timbul lebih cepat.

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments